Sertifikat Arah Kiblat yang bikin tenang

Dalam salah satu perjalanan keluar kota, tepatnya ke Yogyakarta di 2019 (sebelum pandemi) saya tanpa sengaja bertemu dengan hal yang unik di Mushola Bandara Terminal B – Adi Sutjipto Int’l Airport Yogyakarta .

Ya, hal yang unik itu ternyata ‘Sertifikat Arah Kiblat’. Tergantung di dinding Mushola dengan informasi yang cukup membingungkan bagi orang awam seperti saya (ada angka-angka yang belum saya mengerti). Tapi dari sertifikat tersebut, informasi yang saya lihat dan perhatikan adalah arah kiblat nya. Sudah sesuai dengan bentangan sajadah yang telah terhampar di lantai Mushola.

Perasaan saya jadi sedikit berkecamuk, bagaimana dengan tempat lain yang pernah saya kunjungi sebelum ini. Apakah arah kiblat yang di tunjukkan oleh sajadah yang sudah terbentang waktu itu sudah benar ?.  Syukur-syukur sudah ada sertifikat arah kiblatnya seperti yang saya lihat di Mushola Bandara tadi, namun pengurus Masjid / Mushola nya lupa menaruhnya di dinding .Semoga saja tidak di gantung karena arahnya sudah pas jadi lebih berguna menaruh yang lain dibanding sertifikat arah kiblat tadi.

Perjalanan lebih lanjut (browsing di internet) mengantarkan kepada informasi tentang ‘pendamping’ sertifikat arah kiblat tadi. Ternyata ada juga berita acara pengukuran (BAP) arah kiblat. BAP ini diserahkan oleh Tim pengukuran dari Kemenag bersamaan dengan Sertifikat arah kiblat kepada Masjid / Mushola yang meminta agar di lakukan pengukuran arah kiblat.

Bentuknya bagaimana BAP itu, bisa dilihat disini.

Jika BAP berisi informasi proses yang terjadi (metode dan alat pengukuran, siapa saja yang bertugas untuk mengukur di lapangan serta saksi yang melihat proses pengukuran tersebut).

Sertifikat arah kiblat berisi informasi akhir bahwa ‘telah‘ dilakukan pengukuran arah kiblat.

Dari pengalaman tersebut akhirnya di syiar.id kami tambahkan fitur ‘informasi arah kiblat‘. Jadi para pengurus bisa mengupload informasi seputar arah kiblat yang di miliki oleh Masjid / Mushola masing-masing. Tujuan nya cuma 1, membuat jamaah tenang . Karena salah satu syarat sah nya Sholat adalah menghadap ke arah kiblat.

Dengan adanya informasi berupa sertifikat arah kiblat dan BAP arah kiblat maka pengurus berperan aktif dalam memastikan ketenangan jamaah nya.

Bagi Masjid  Mushola yang belum ada sertifikat arah kiblat dan BAP arah kiblat ini bisa mengajukan permohonan kepada Kemenag terdekat di kota nya. Untuk arah kiblat ini Kemenag sifatnya pasif. Jadi pengukuran baru bisa dilakukan hanya jika ada permintaan pengukuran.

Masjid Mushola Anda sudah punya sertifikat arah kiblat dan BAP arah kiblat? Yuk, gabung di syiar.id (gratis tidak dipungut biaya) dan upload informasi arah kiblat milik Masjid Mushola Anda.

Link terkait :