Fungsi Sosial Masjid / Mushola Sekolah

Saat ini hampir semua sekolah di perkotaan memiliki Masjid atau Mushola, ada yang bentuk fisiknya besar dan ada yang kecil. Ada yang letaknya didepan, menonjol dan bisa di akses langsung oleh masyarakat sekitar dan ada yang tidak.

Semenjak covid 19 merambah,  Masjid dan Mushola ini juga otomatis tiarap. Fungsinya sebagai tempat ibadah turut berkurang karena anak-anak sekolah yang biasa memakmurkan jadi berkurang. Namun seiring dengan makin menurunnya jumlah  yang terpapar covid 19 maka perlahan fungsi ibadah Masjid Mushola bisa kembali.

Salah satu fungsi lain dari Masjid dan Mushola ini yang mungkin terlupakan adalah fungsi sosial. Mari kita coba praktek skema seperti ini dengan dana dari gebu syiar supaya fungsi sosial ini bisa konkrit / nyata :

Membentuk Kepanitiaan

Sekolah membuat kepanitiaan pengurus yang terlibat dalam kegiatan ini, supaya jelas siapa yang bertanggung jawab. Bisa melibatkan anak-anak Rohis.

Menentukan Periode Pengumpulan Dana dan Penyaluran / Penggunaan

Sekolah bisa menentukan bahwa periode pengumpulan dana berlangsung tiap hari dan penyaluran / penggunaan nya setiap 2 minggu sekali.

Menentukan Peruntukan Dana

Sekolah lewat wakil kepala sekolah bidang kesiswaan (misal lewat jalur ekstrakurikuler ‘Badan Dakwah Islamiah) menentukan kalender sasaran peruntukan / penggunaan dana. Dilengkapi dengan catatan & kode akhiran Gebu Syiar.

contohnya :

No Periode Tanggal Sasaran Catatan dan Kode akhiran Gebu Syiar
1 Desember 2021 1-15 SPP Siswa Bantu teman-teman yang kesulitan membayar SPP, seragam dan buku2 sekolah. Kode akhiran 3.
2 Desember 2021 16-31 Tali Asih Guru Guru yang sudah pensiun, keluarga guru yang sudah meninggal. Kode akhiran 2.
3 Januari 2022 1-15 Sembako Gratis Warga sekitar sekolah yang kurang mampu, panti asuhan sekitar sekolah dsb . Kode akhiran 4.
4 Januari 2022 16-31 Bantu Sekolah Lain Membantu sekolah lain yang sedang mendirikan Masjid / Mushola atau memperbaiki Masjid / Mushola sekolah lain yang rusak . Kode akhiran 6.
5 Februari 2022 1-15 Beras & Lauk Pauk Membantu infaq beras dan lauk pauk ke pondok pesantren, rumah tahfiz . Kode akhiran 4.

….

terus hingga 1 tahun ke depan. Intinya, ada rencana yang bisa dilihat sama-sama oleh siswa/siswi sekolah.

Mengumpulkan Dana Seribu rupiah / siswa/i

Sekolah menghimbau kepada siswa/siswi untuk menyisihkan dana sebesar seribu rupiah sehari dan mengirimkannya ke no rekening milik Masjid / Mushola sekolah via QRIS .

Jika siswa/siswi tidak punya aplikasi yang mendukung QRIS (Ovo, Gojek, BSI, LinkAja dsb) maka bisa menitipkan pada teman yang punya aplikasi (misal bendahara kelas yang di tunjuk untuk mengakomodir dana ini).

Dana ini di setor ke rekening Masjid / Mushola Sekolah setiap hari.

Supaya jelas maka pastikan dana yang di berikan sesuai kode (akhiran).

Contohnya sedang berada di bulan Desember 2021 (masih masuk dalam tanggal 1-15) maka akhiran dana yang di setor berakhiran 3. Misal siswa mengirim dana seribu, maka jumlah yang di transfer sebesar Rp. 1003  . (Masuk pada kategori dana untuk Pendidikan).

Menyalurkan / menggunakan Dana

Panitia menginventaris siapa saja pihak yang akan menerima dana yang sudah di kumpulkan dan memberikan dengan adil (sesuai jumlah yang terkumpul pada waktu itu). Membuat dokumentasi kegiatan penyaluran / penggunaan dana.

Membuat Laporan

Panitia membuat laporan tertulis dan elektronik (di google sheet atau pdf) yang bisa di lihat oleh masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung dengan terus menerus dan semakin lama semakin membesar.Memberi manfaat bagi internal, masyrakat sekitar dan eksternal.

Siswa/siswi bisa belajar dan mempraktekkan cara berinfaq yang nyata, bisa melihat wujud pemanfaatan infaq dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua siswa /siswa yang kurang mampu bisa terbantu. Guru-guru yang pensiun dan keluarganya juga bisa tersenyum melihat hasil nyata Pendidikan Agama .

Panti asuhan, warga sekitar bisa merasakan manfaat keberadaan Masjid / Mushola sekolah tersebut.

Fungsi syiar.id bagi Masjid / Mushola Sekolah

Untuk memfasilitasi kegiatan pengumpulan dana ini maka Masjid / Mushola sekolah perlu bergabung di syiar.id supaya bisa mendapatkan alamat web gratis, kemudian bisa mendatakan laporan kas yang akan bisa dilihat oleh semua orang. Masjid Mushola sekolah lain juga bisa menghimpun dana dari Masjid Mushola lain yang punya kelebihan dana karena akad yang jelas.

Di masa depan anak-anak ini akan menjadi pemimpin bangsa, membawa kenangan pengalaman nyata (sosial keagamaan) ini ke kehidupan masing-masing. Semoga menjadi amal sholeh yang menjadi pintu pembuka kebaikan-kebaikan lainnya.

Aamiin.