Nama Masjid di Google Maps

Alhamdulillah hari Ahad lalu saya bisa hadir ke acara Maulid Nabi Muhammad SAW di salah satu Masjid di Palembang. Namanya Masjid Baiturrahman Aceh Palembang. Beberapa hari sebelumnya saya sudah mencoba cari nama masjid ini di google. Tidak ditemukan, yang ada hanya artikel tentang Masjid ini.

Berhubung saya yakin dengan google maps maka saya pede saja bahwa masjid ini mudah dicari dengan fitur yang ada di google maps. Qodarullah, saat saya menuju masjid tersebut saya nyasar. Tersesat mengikuti arahan dari google maps dengan patokan nama jalan. Jalan Lebak Jaya 3.  Ikut perintah belok kiri, belok kanan lewat jalan alternatif akhirnya sampai di jalan buntu hehehe.

Karena sudah hampir jam 9 wib membuat saya memutuskan untuk kembali ke  jalan besar dengan tambahan cara, bertanya di jalan . Alhamdulillah akhirnya sampai di lokasi tepat waktu.

Acaranya ramai, banyak yang datang. Ternyata penceramahnya yaitu Ustad Nuchalidin, Lc, MA satu angkatan dengan Ustad Abdul Somad sewaktu di Maroko.

Selesai acara, saya iseng mencari lagi di google maps, ternyata nama masjid ini di google maps adalah ‘Masjid Baiturrahman Lebakjaya 3‘.

Hasil pencarian di google dengan kata kunci ‘Masjid Baiturrahman Lebakjaya 3‘, hasilnya bisa dilihat dari tampilan ini

Informasinya menurut saya masih bisa di tingkatkan lagi supaya lebih akurat, beberapa hal yang saya usulkan untuk di perbaiki di google maps :

  1. Penamaan Nama Masjid; samakan dengan nama yang seharusnya. Penggunaan kata Aceh dan Palembang di Masjid Baiturrahman Aceh Palembang sudah betul. Hal ini akan membedakan dengan nama masjid serupa (Masjid Baiturrahman) di kota yang sama.
  2. Penambahan alamat situs web; syiar.id menyediakan alamat laman web gratis yang bisa di input ke google maps ini.

Dengan 2 perbaikan ini, diharapkan kasus seperti yang saya alami tidak terjadi lagi di kemudian hari. Syiar Masjid bisa lebih optimal kedepannya. Amin ya robbal alamin.

Tulisan terkait :